Cara Membuat Media Tanam Hidroponik Sederhana dan Murah

Cara Membuat Media Tanam Hidroponik –  Anda pasti pernah mendengar mengenai hidroponik. Apa sebenarnya hidroponik tersebut? Hidroponik merupakan sebuah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dan menekan pada pemenuhan nutrisi bagi tanaman. Pada sistem budidaya hidroponik ini, kebutuhan air justru lebih sedikit bila dibandingkan dengan budidaya tanaman dengan tanah. Sistem budidaya hidroponik saat ini sangat digemari, disamping mudah juga tidak memakan banyak tempat atau lahan.

Berbeda dengan menanam tanaman pada lahan tanah. Apalagi bila kita berada di area perkotaan, untuk mendapatkan lahan tanam sangatlah sulit didapatkan. Namun dengan terobosan baru cara membuat media tanam hidroponik sederhana dan murah ini, kita dapat memiliki kebun sayuran yang sehat tanpa pestisida di rumah kita. Biasanya cara membuat media tanam hidroponik sederhana ini memang diperuntukkan untuk ditanam tanaman sayuran, karena pohonnya sekali petik berbeda dengan tanaman buah. Sedikit informasi saja, jenis tanaman yang cocok ditanam dengan media hidroponik ini seperti selada, bayam, pakcoy, caisim, cabe dan lain sebagainya.

Cara Membuat Media Tanam Hidroponik

Alat-Alat Yang Dibutuhkan Membuat Hidroponik

Step paling awal sebelum kita memulai cara membuat media tanam hidroponik sederhana adalah mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan membuat hidroponik. Kita dapat memanfaatkan barang-barang bekas yang murah dan ada di rumah kita untuk melakukan persiapan awal ini. Yang kita butuhkan adalah sebagai berikut.

  1. Botol air mineral atau botol plastik yang sudah tidak terpakai lagi. Ukuran botol terserah ya, sesuai selera atau sesuai botol bekas yang ada.
  2. Gelas plastik bekas
  3. Jerigen plastik bekas, boleh bekas minyak goreng
  4. Kain untuk sumbu
  5. Nutrisi hodroponik
  6. Media tanam, kalian dapat memilih media yang mudah didapatkan seperti sekam, rocwool, pecahan bata merah, arang, kerikil atau pasir.

Alat-alat tersebut sangat mudah kita temukan di rumah kita bukan? Cara membuat media tanam hidroponik sederhana dengan memanfaatkan bahan bekas yang ada, kita juga lebih irit di ongkos serta mendapatkan tanaman yang segar dan sehat bebas dari pestisida.

Pemilihan Alat Dan Bahan Hidroponik Sederhana

Alat dan bahan tersebut diatas dapat menjadi salah satu alternatif untuk anda jika ingin membuat hidroponik. Namun jika anda ingin hidroponik anda terlihat lebih cantik dan rapi lagi, cara membuat media tanam hidroponik sederhana selanjutnya ini dapat anda pergunakan.

  • Bercocok tanam dengan media hidroponik, biasanya menggunakan bahan paralon. Anda dapat memilih paralon baik itu besar atau kecil sesuai selera, namun pilihlah jenis paralon dengan ukuran yang sama. Anda dapat membentuk paralon ini dengan bentuk yang meningkat agar lebih irit tempat peletakannya.
  • Tips pemilihan alat dan bahan hidroponik sederhana selanjutnya pemilihan media tanam. Pergunakan media rockwool yang terbuat dari batuan vulkanik yang telah dipanaskan, hingga terbentuk serat-serat pada batuan tersebut. Media ini sangat direkomendasikan sebab steril dari hama dan penyakit tanaman lainnya.
  • Carilah tempat menyimpan pada media yang datar, aman dari hujan dan masih mendapatkan sinar matahari.

Cara Membuat Media Tanam Hidroponik

  1. Ada serentetan cara membuat media tanam hidroponik yang harus kita ikuti step by step agar mendapatkan hasil yang bagus. Paling utama, potong botol plastik menjadi dua bagian menjadi bagian atas dan bawah.
  2. Lubangi bagian atas botol tempatkan lubang ini di bagian leher botol. Lubang ini dipergunakan sebagai aliran udara dan pemasangan sumbu.
  3. Kemudian pasanglah sumbu tersebut pada bagian bawah botol.
  4. Jika sudah masukkan bagian atas botol ke bagian bawahnya dengan posisi terbalik, mulut botol menghadap ke bawah.
  5. Cara membuat membuat media hidroponik sederhana selanjutnya adalah masukkan media tanam yang telah anda sediakan pada bagian atas botol tadi. Media tanam ini hanya dipergunakan sebagai pijakan akar tanaman agar tanaman tidak rebah ketika tumbuh besar nanti.
  6. Taburkan atau tanamlah beberapa biji bibit tanaman yang anda inginkan kedalam media tanam tadi.
  7. Nah tahap selanjutnya kita hanya cukup menyiramnya dengan nutrisi hidroponik.

Untuk menjaga tanaman hidroponik ini, sebaiknya kita menyimpannya di tempat kering dan tidak terkena hujan namun masih mendapatkan sinar matahari.

Manfaat Menanam Dengan Hidroponik

Cara membuat media tanam hidroponik sederhana dan murah ini sangat mudah kita lakukan di rumah. Selain itu ada banyak keuntungan lainnya yang dapat kita rasakan bila menggunakan budidaya hidroponik tersebut.

  • Kita bisa mendapatkan sayuran segar dan juga sehat dari kebun hidroponik sendiri. Sayuran hasil tanaman kita sudah dipastikan tidak menggunakan pestisida atau obat lainnya yang berbahaya bagi tubuh kita.
  • Manfaat lainnya ialah kita dapat memanen hasil kebun kapanpun kita mau. Misalnya saja kita menanam cabe, ketika kita membutuhkannya kita tinggal memetik dari kebun sendiri.
  • Bercocok tanam dengan hidroponik dapat membuat kita sedikit berhemat. Jadi kita tidak perlu berbelanja sayuran lagi, kita tinggal memetiknya langsung dari kebun hidroponik.
  • Memiliki hidroponik dapat juga mempercantik tampilan rumah kita, asalkan kita pandai menatanya dengan rapi dan cantik.
  • Perawatannya mudah jika dibandingkan menanam di media tanah.

Selesai sudah pembahasan kita kali ini mengenai cara membuat media tanam hidroponik sederhana dan murah yang dapat anda praktekkan di rumah sendiri. Langkah dan step tadi diatas dapat dengan mudah anda praktekkan di rumah. Bercocok tanam dengan media hidroponik memang sangat menguntungkan dan juga menyenangkan. Selain itu budidaya tanaman hidroponik dapat juga membuat tampilan rumah kita menjadi lebih cantik lagi bila ditata dengan baik dan rapi. Semoga dapat menambah wawasan dan informasi untuk anda, selamat mencoba dan terima kasih.