Cara Menanam Tanaman Hidroponik dan Contohnya

Cara Menanam Tanaman Hidroponik – Banyak sekali cara yang bisa dilakukan guna mendapatkan sayuran segar bebas pestisida. Yang jadi masalah adalah tidak semua orang memiliki lahan untuk menanam sayuran. Namun anda tidak perlu khawatir, ada cara menanam tanaman dengan memanfaatkan air untuk lahan pengganti tanahnya atau yang disebut juga dengan hidroponik yang bisa anda coba.

Menanam tanaman hidroponik adalah cara bertanam memakai media air. Anda tidak butuh tanah dan lahan yang luas untuk melakukannya. Praktisnya, hidroponik adalah cara membudidayakan tanaman dengan memakai air yang diberi dengan nutrisi hidroponik, dan bukanlah menggunakan tanah. Hal ini menjadikan parameter seperti nutrisi, pengendalian hama, serta pencahayaan agak praktis dikelola.

Cara Menanam Tanaman Hidroponik dan Contohnya

Cara menanam tanaman hidroponik ini lebih ramah lingkungan dan sayuran yang dihasilkan pun akan lebih sehat. Bertanam memakai hidroponik akan membuahkan tanaman berkualitas baik dan tanpa kimia, yang pastinya sehat buat anda semua dan anak-anak.

Perkembangan tanaman hidroponik dapat mencapai 50% lebih cepat dibanding tanaman yang ditanam di tanah pada kondisi yang sama. Penyebab hal itu yakni dikarenakan tanaman hidroponik tersebut langsung akan mendapatkan makanan dari  dalam air yang kaya akan nutrisi. Dalam hal ini, tanaman tidak membutuhkan akar yang besar untuk mencari nutrisi. Dikarenakan energi yang dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan akar lebih kecil, sisa energi dapat dibagi kebagian dari tanaman yang lain.

Berikut bahan-bahan yang digunakan untuk menanam tanaman hidroponik dengan contoh bahan yang paling mudah anda dapatkan di sekitar anda:

  • Botol plastik air mineral
  • Gelas plastik air mineral
  • Jerigen plastik bekas minyak
  • Kain untuk sumbu
  • Nutrisi hidroponik
  • Media tanam (rockwool, arang sekam, kerikil, pasir malang, pecahan bata merah)

Cara menanam tanaman hidroponik ini sederhana bukan? Bahan-bahan yang dibutuhkan tidaklah sulit untuk ditemukan.  Jadi menanam dengan model atau cara hidroponik ini, selain anda mendapatkan tanaman sayuran yang sehat dan subur, anda juga bisa memanfaatkan barang barang bekas. Berikut adalah cara menanam tanaman hidroponik dengan mudah yang bisa anda lakukan :

  1. Langkah pertama adalah botol yang sudah anda siapkan belah menjadi dua bagian bawah dan atas.
  2. Kemudian lubangi melubangi botol bagian atas guna untuk memasang sumbu untuk aliran udara.
  3. Kemudian pasang sumbu pada botol bagian bawah.
  4. Masukkan botol bagian atas ke bagian bawah dengan model atau cara terbalik.
  5. Lalu botol bagian atas isi dengan media tanam, bisa dengan arang sekam, rockwool, atau pecahan bata merah. Nah untuk media tanamnya anda bisa memilih sendiri mana yang lebih gampang anda cari. Karena fungsi dari media ini adalah sekedar untuk pijakan akar bibit yang akan ditanam agar tidak rebah.
  6. Selanjutnya tanam bibitnya 2 sampai 3 biji.
  7. Setelah di taman bibitnya siram dengan lauran nutrisi hidroponik.
  8. Yang terakhir simpan di tempat yang tidak bisa terkena hujan dan juga jangan disimpan di tempat yang terkena matahari langsung.

Untuk jenis sayuran yang disarankan untuk dibudidayakan dengan cara hidroponik contohnya sayur sawi, tomat, cabe, selada, kacang, bayam dan lain-lainnya. Mengapa tanaman tersebut paling disarankan? Ini karena sayuran tersebut lumayan cepat pertumbuhanya.

Nah demikian tadi adalah cara menanam tanaman hidroponik dan contoh bahan dan sayurannya di atas. Selain akan mendapatkan hasil yang lebih banyak, tentu menggunakan cara hidroponik ini akan memudahkan anda yang tidak mempunyai lahan luas di halaman rumahnya. Di samping untuk konsumsi sendiri, anda juga bisa menjual hasil panenan dari tanaman hidroponik anda. Sehingga bisa membantu menambah penghasilan bulanan anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil.