Tanamania

Cara Menanam Semangka Yang Berkualitas

Cara Menanam Semangka yang mudah tanpa menggunakan banyak langkah yang rumit sangatlah cocok bagi Anda yang ingin menanam buah semangka di kebun samping rumah Anda serta bagi Anda yang tertarik untuk bercocok tanam atau berkebun sebagai hobi yang menyenangkan. Semangka adalah buah dengan rasa manis yang segar yang memiliki bentuk bulat dengan dimensi lebar tertentu yang memiliki warna umum hijau dengan garis – garis melengkung atau sedikit bergelombang dengan warna hijau yang lebih gelap. Daging buah ini memiliki warna terang meski adakalanya pada jenis tertentu memiliki warna terang. Biji buah ini menyebar di area daging. Buah ini memiliki rasa yang begitu segar dengan sensasi daging yang renyah dan berair.

Buah yang memiliki nama latin Citrullus Lanatus ini adalah salah satu buah yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Buah yang memiliki rasa yang lezat manis segar ini seringkali digunakan sebagai salah satu bahan utama pembuatan es buah atau segala jenis minuman yang menyegarkan. Cara mengkonsumsinya sangatlah mudah. Biasanya cara mengkonsumsi buah ini dimulai dengan membelah buah ini menjadi dua sisi. Belah di bagian tengah lalu potong – potong belahan buah tersebut. Kadang kala Anda dapat memisahkan kulit buahnya namun untuk sensasi yang lebih nikmat dan alami Anda dapat langsung memakannya tanpa perlu membuang kulitnya. Bagi sebagian orang yang memiliki hobi berkebun dan memiliki ketertarikan untuk mencoba menanam buah ini maka ada beberapa langkah yang perlu Anda ketahui. Berikut adalah beberapa cara menanam semangka yang mudah dan simpel.

cara menanam semangka

Cara Menanam Semangka Yang Berkualitas

  1. Memilih lahan berkebun

Cara menanam semangka yang pertama adalah dengan memilih lahan berkebun. Anda harus bisa mendapatkan lahan berkebun yang cocok untuk Anda. Lahan yang cocok untuk menanam buah semangka adalah lahan yang berada di ketinggian antara 0 mdpl – 1000 mdpl. Lahan tersebut haruslah berada di area yang berudara sejuk serta miliki unsur hara yang cukup pada tanah yang ada di lahan tersebut. Anda harus memperhatikan tingkat keasaman tanah calon lahan Anda karena kadar keasamannya musti berada di level yang netral yakni berada di antara 5 – 7 pH. Selanjutnya bajaklah lahan tersebut dan buatlah bedengan. Ukuran bedengan tergantung pada luas dan lebar lahan Anda. Bedengan ini juga harus memiliki jarak kosong yang digunakan sebagai drainase atau aliran air.

  1. Membuat Bedengan

Biasanya jarak drainase ini berkisar pada 100 cm lebih atau kurang. Bedengan berfungsi sebagai tempat dimana Anda menanam biji semangka yang akan Anda tanam. Cara menanam semangka selanjutnya adalah dengan membuat lubang di bedengan tersebut sebelum dimasuki oleh biji semangka. Ingat untuk menambah pupuk ke dalam lubang tersebut lalu ditutup dengan tanam lagi. Pupuk yang biasa digunakan untuk membantu pertumbuhan tanaman serta untuk menyuburkan tanah adalah pupuk yang terbuat komposisi pupuk kandang, pupuk DS, pupuk ZK, dan pupuk ZA. Langkah menanam buah semangka selanjutnya adalah pembibitan semangka. Pada tahap ini Anda harus dapat menemukan biji semangka terbaik. Sebelum Anda menanam bibit semangka ke lahan utama, terlebih dahulu Anda dapat menyemaikannya ke dalam polybag. Siram setiap hari setidaknya dua hingga tiga kali sehari hingga muncul daun sebanyak 2 atau 3 helai.

Setelah itu Anda dapat memindahkannya ke lahan utama apabila usia bibit telah mencapai sekitar 4 minggu. Cara menanam semangka adalah dengan menanam bibit semangka ke lahan utama. Sebelumnya berilah air secukupnya hingga meresap ke tanah tersebut. Hal ini bertujuan untuk melembabkan lahan tersebut. Setelah itu, pindahkan bibit tersebut ke dalam bedengan yang ada di lahan utama. Lalu bedengan dengan bibit semangka tersebut ditutup dengan tanah hingga bagian ujung pangkal pada bibit semangka. Setelah Anda mencapai tahap ini, hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan pemeliharaan tanaman semangka. Pemeliharaan ini harus dilakukan dengan tekun dan tepat.

  1. Pemeliharaan Tanaman Semangka

Langkah pemeliharaan semangka yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan penyiraman. Penyiraman harus dilakukan secara rutin dua kali sehari yakni pada pagi hari dan siang hari. Anda harus mencatat bahwa tanaman semangka termasuk tipe tanaman yang membutuhkan gizi yang tinggi serta mineral yang cukup. Tanah lahan tersebut haruslah tetap pada kondisi yang lembab. Bersihkan selalu setiap gulma yang tumbuh. Hal ini agar tanaman semangka Anda dapat tumbuh secara maksimal dan sempurna. Cara menanam semangka selanjutnya adalah dengan memberikan pupuk secara rutin pada tanaman Anda. Pemberian pupuk secara rutin ini semacam memberikan gizi tambahan kepada tanaman Anda agar mampu tumbuh dengan sangat baik dan mampu menghasilkan buah yang memiliki rasa yang manis dan nikmat dengan ukuran diameter yang lumayan.

Cara menanam semangka yang dilakukan setelah memberikan pupuk yang terbuat dari campuran fermentasi pupuk kandang dan pupuk NPK yang Anda sebarkan di sekitar tanaman semangka Anda adalah dengan memberikan perhatian yang cukup. Anda harus tekun saat berkebun. Karena kunci sukses tanaman Anda agar mampu tumbuh secara maksimal dengan kualitas yang sangat baik adalah dengan penanaman yang baik dan cara pemeliharaan yang baik pula. Setelah itu Anda hanya perlu menunggu hingga tanaman buah semangka Anda siap untuk di panen. Pada umumnya masa panen semangka berkisar pada 2 bulan hingga sekitar 3 bulanan lebih sedikit. Meski demikian terkadang waktu panen dapat berubah lebih cepat atau lebih lama tergantung pada kondisi cuaca dan cara pemeliharaan Anda.

Setelah Anda mengetahui seluk – beluk singkat bagaimana cara menanam semangka serta waktu panen buah semangka maka hal yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah dengan memotong tangkai buah semangka dengan menggunakan gunting atau pisau. Cara memotong atau memetik buah semangka yang tepat adalah dengan menyisakan setidaknya 3 atau 5 cm dari pangkal semangka. Anda tidak diperkenankan menumpuk buah karena hal tersebut akan membuat kualitas buah Anda menurun. Demikianlah cara mudah yang bisa Anda ikuti saat Anda berkeinginan untuk menanam buah semangka.

Itulah pembahasan tanamania.com terkait langkah mudah cara menanam semangka yang berkualitas. Tidak sulit bukan? Anda hanya perlu menemukan lahan lembab yang tepat dengan bibit buah semangka yang berkualitas lalu melakukan pemeliharaan yang baik. Baca juga artikel lainnya tentang cara menanam buah naga. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tags: