Tanamania

Cara Menanam Sawi Hijau Di Dalam Polybag

Cara Menanam Sawi Hijau – Hampir seluruh lahan Indonesia memiliki lahan yang subur yang dapat ditanami banyak macam tumbuhan baik itu sayur-sayuran maupun buah-buahan serta berbagai macam kayu. Salah satu sayuran yang banyak ditanam di Indonesia adalah sawi hijau. Sayuran ini memiliki banyak manfaat dan dapat dimasak dalam berbagai cara. Cara menanam sawi hijau di dalam polybag dapat membantu anda jika anda ingin membudidayakan sawi hijau di kebun anda. Untuk lebih jelasnya mengenai bagaimana cara menanam jenis sayuran ini, anda dapat melihat pada penjelasan berikut ini.

Cara Menanam Sawi Hijau di Polybag

Jika anda ingin membudidayakan sayuran sawi hijau, anda dapat menggunakan polybag sebagai tempatnya. Menanam sawi hijau di dalam polybag itu lebih mudah dan simpel namun dibutuhkan beberapa ketelatenan. Berikut ini adalah langkah-langkah pada cara menanam sawi hijau di dalam polybag. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bibit dari sawi hijau. Dalam memilih bibit sawi hijau, anda harus memilih bibit yang unggulan agar kualitas pada saat panen itu bagus. Bibit sawi yang bagus dapat anda peroleh pada toko yang menjual alat pertanian. Langkah ke dua yang harus dilakukan setelah pemilihan bibit sawi hijau adalah dengan menyemai bibit yang sudah dipilih.

Proses persemaian bibit sawi dilakukan dengan cara menyiapkan polybag yang berukuran diameter 15 cm. Sebelum persemain dilakukan, maka isilah polybag dengan tanah humus atau dengan menggunakan kompos. Untuk mendapatkan tanah yang subur, maka sebaiknya anda menggunakan kompos. Lalu cara menanam sawi hijau di dalam polybag yang selanjutnya adalah semaikanlah biji sawi hijau ke dalam satu polybag yang sudah disediakan. Agar cepat tumbuh, maka lakukanlah penyiraman setiap hari yaitu 2 kali sehari pagi dan sore. Tunggulah biji tersebut hingga berumur 3-4 minggu dan kemudian anda dapat menanam benih tersebut.

Setelah proses persemaian selesai, maka proses yang selanjutnya adalah proses penanaman. Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam proses penanaman adalah siapkan polybag yang berdiameter 15 cm. Kemudian, isilah polybag tersebut dengan kompos atau tanah humus. Lalu, cabutlah benih sawi yang sebelumnya sudah disemaikan. Ketika anda mencabut benih tersebut anda harus berhati-hati agar benih yang anda cabut tidak patah. Cara menanam sawi hijau di dalam polybag selanjutnya adalah dengan menanam benih yang sudah anda cabut. Satu polybag berisi 3 sampai 5 bibit sawi hijau. Setelah penanaman, anda harus rajin menyirami benih tersebut agar segera tumbuh. Penyiraman dilakukan setiap hari dan dalam satu hari dilakukan dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore. Setiap minggu anda disarankan untuk memberikan pupuk organik seperti kompos.

Selanjutnya, jika proses penanaman telah selesai, maka anda harus melakukan proses selanjutnya yaitu proses pemanenan. Tunggulah hingga sawi berumur 2 bulan baru anda bisa memanennya. Pemanenan merupakan proses terakhir dari cara menanam sawi hijau. Untuk proses pemanenan ada beberapa cara yang dapat anda lakukan. Teknik yang pertama adalah memanen sawi dengan cara mencabutnya dari akar tanaman sawi. Sedangkan cara yang ke dua adalah dengan cara memotong batang sawi yang berada di atas permukaan tanah. Selain itu cara yang ke tiga adalah dengan memetik daunnya satu persatu. Anda dapat memilih teknik yang paling anda sukai ketika anda memanen sawi hijau. Langkah yang telah disebutkan di atas merupakan cara menanam sawi hijau dalam polybag.

Manfaat Sawi Hijau Untuk Kesehatan

Setelah mengetahui bagaimana cara menanam sawi hijau di dalam polybag, maka anda juga harus mengetahui manfaat yang diperoleh jika mengkonsumsi sawi hijau. Sayuran memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi tidak hanya sawi hijau. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari sawi hijau untuk menjaga kesehatan tubuh. Sawi hijau dapat menyehatkan tulang. Sawi hijau mengandung vitamin K yang tinggi yang baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, sawi hijau juga dapat mencegah kanker. Sayuran ini mengandung zat sulfur yang sering disebut sebagai glucosinolates. Zat ini dapat digunakan untuk mencegah kanker dan menghambat perkembangan sel kanker seperti kanker prostat, payudara, paru-paru, dan lainnya.

Cara menanam sawi hijau dalam polybag, Sawi hijau juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Mengkonsumsi sawi hijau dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Sayuran ini baik untuk dikonsumsi oleh pasien yang menderita penyakit diabetes. Manfaat lainnya yang diperoleh dari mengkonsumsi sawi hijau adalah menyehatkan rambut dan kulit. Sawi hijau mengandung banyak vitamin A yang dapat melembabkan kulit. Sawi hijau juga mengandung vitamin C yang bagus untuk rambut dan kulit. Selain mengetahui bagaimana cara menanam sawi hijau di polybag anda juga harus mengetahui manfaatnya. Manfaat yang lainnya adalah sawi hijau dapat membantu penyembuhan pasien penyakit alzaimer.

Sawi hijau juga dapat digunakan untuk mengontrol kolesterol dalam tubuh. Selain itu sayuran ini juga sangat bagus untuk proses pencernaan. Dengan mengkonsumsi sawi hijau secara teratur maka, anda dapat terhindar dari sembelit dan wasir. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari sawi hijau yang dapat anda peroleh. Dengan mengkonsumsi sawi secara teratur, maka anda dapat meningkatkan kesehatan anda. Anda dapat mengkonsumsinya dalam berbagai macam masakan misalnya cah sawi dan lainnya.

Dari penjelasan mengenai cara menanam sawi hijau di dalam polybag di atas, anda dapat mencoba membudidayakan sawi hijau. Dengan begitu anda tidak perlu membeli sayur sawi di tukang sayur karena anda dapat menanamnya sendiri. Kalau tidak, anda bisa juga mencoba cara menanam jahe merah untuk mengisi koleksi tanaman obat anda. Selamat mencoba.

Tags: