Cara Mudah Menanam Cabe Rawit

Siapa yang pernah makan Cabe ? Ya, Sayuran yang memiliki rasa yang pedas ini merupakan salah satu Sayuran yang sangat diminati oleh lidah Orang Indonesia, Sayuran yang dapat diaplikasikan dengan berbagai macam olahan Kuliner ini ternyata dapat dengan mudah kita menanamnya sendiri di pekarangan rumah kita.

Cara Mudah Menanam Cabe Rawit

1. Persiapan Benih

Memilih Benih yang berkualitas merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi hasil tanaman karena sangat mustahil jika kita menggunakan benih yg buruk dan berharap hasil yang maksimal, nah untuk memilih benih ini Kami sarankan anda untuk membeli benih yang berkualitas di toko pertanian meskipun sebenarnya anda bisa membuat benih sendiri langsung dari cabe yang sudah tua, Alasan kami menyarankan untuk membeli benih di Toko (benih pabrikan) ialah :

  • Benih di Toko Sudah terjamin Kualitasnya ( Untuk Merk yang Populer ).
  • Benih di Toko biasanya sudah ada obat anti serangga, Jadi Benih aman ketika disemai.

2. Persiapan Lahan

Lahan atau media tanam ini juga merupakan salah satu faktor terpenting dalam menanam Cabe agar dapat mencapai hasil maksimal. Media tanam ini bisa ditempatkan di pekarangan rumah jika anda memiliki lahan yang cukup luas akan tetapi jika anda memiliki ruang yang tidak cukup luas anda dapat menanam di Polybag atau di dalam Pot.

3. Penyemaian

Persemaian biasa dilakukan di Polybag kecil yang tidak terlalu luas  dengan menggunakan komposisi tanah yang dicampur dengan pupuk kandang yang sudah matang. Usahakan Persemaian ini berada di tempat yang dapat menerima sinar Matahari dengan baik, tutup di bagian atas dan samping menggunakan plastik transparan atau bisa menggunakan paranet intinya hindarkan dari ganguan hewan maupun serangga, jangan lupa rawat persemaian ini dengan rutin menyiram dengan air 2-3 kali sehari menggunakan gembor.

4. Tanam

Setelah Bibit berusia kira kira 30 Hari maka saat itu  adalah waktu yang tepatuntuk menanam / memindah dari semaian menuju Lahan yang lebih luas, untuk penanaman sendiri silakan anda pilih bibit yang tumbuh dengan baik dengan ciri-ciri daun yang tumbuh kira kira 4-6 lembar,

Usahakan penanaman ini dilakukan pada Sore hari untuk menghindari layunya daun Cabe. Jika anda punya budget yang baik gunakan plastik Mulsa pada lahan, gunanya untuk menghindari tanaman cabe dari ganguan Gulma.

5. Perawatan

Perawatan adalah hal yang harus dilakukan secara intensif, perwatan ini meliputi penyiangan, penjarangan dan juga memberikan pupuk susulan selain itu anda harus mengenali jenis jenis hama dan juga penyakit pada tanaman cabe anda , segera lakukan antisipasi jika terjadi gejala penyakit pada tanaman cabe anda agar tidak menular pada tanaman yang lain. Berikan Nutrisi daun dan buah jika tanaman cabe sudah berbuah agar memperoleh hasih yang maksimal.

6. Panen

Panen adalah hal yang paling ditunggu saat menanam sayuran dan buahan, dalam memanen Cabe hal yang peru diperhatikan yakni saat memetik, lakukan pemetikan Cabe dengan baik dan benar jangan sampai  merontokkan Buah Cabe yang masih muda.

Demikian adalah caran mudah menanam Cabe Rawit. Silahkan anda baca artikel-artikel lain di Tamania untuk mendapatkan berbagai informasi seputar pertanian.