Cara Menanam Cabe Hidroponik Mudah dan Sederhana

Cara Menanam Cabe Hidroponik – Cabe merupakan tanaman yang digunakan untuk bumbu dapur. Cabe biasanya ditanam di kebun. Namun, seiring dengan semakin sedikitnya lahan terbuka, metode hidroponik pun kini digunakan. Cara menanam cabe hidroponik di dalam pot sebenarnya cukup sederhana. Semua jenis cabe seperti paprika, cabe rawit, dan cabe merah keriting bisa ditanam di dalam pot. Menanam cabe dengan cara hidroponik bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga karena hasilnya lebih banyak dibandingkan menanam cabe hanya dengan menggunakan media tanah.

Cara hidroponik memang harus diperhatikan dengan baik karena Anda harus rutin mengatur kadar air dan pemberian pupuk untuk tanaman cabe. Hal ini berbeda jika menanam cabe di tanah karena akar cabe bisa menyerap nutrisi dan air dari tanah yang selalu tersedia. Selain itu, tanaman hidroponik juga bisa diserang oleh hama. Hama ini biasanya berupa ulat, kutu, semut, dan lain sebagainya. Selain mempelajari tentang cara menanam cabe hidroponik, Anda juga harus tahu cara mengatasi hama tersebut.

Cara Menanam Cabe Hidroponik

Sebelum Anda mengetahui cara menanam cabe hidroponik mudah dan sederhana, Anda harus menyemaikan biji cabe terlebih dahulu. Biasanya untuk pemula, menyemaikan bibit cabe sendiri tidak semudah seperti yang dipikirkan karena banyak orang yang gagal ketika mencoba untuk menyemaikan bibit cabe sendiri. Biji cabe yang ditanam di dalam pot ternyata ada yang tidak tumbuh. Biji yang tumbuh hanya sedikit. Hal ini disebabkan tidak ada cara khusus untuk menyemaikan biji cabe. Padahal sebenarnya, ada beberapa cara agar proses penyemaian biji cabe bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Anda tidak perlu menggunakan bahan kimia agar penyemaian bibit cabe Anda sukses. Anda bisa menggunakan bumbu dapur untuk mendapatkan biji cabe yang bagus.

Berikut ini merupakan cara menyemaikan bibit cabe sebelum ditanam di dalam pot:

  1. Siapkan biji cabe merah. Anda bisa membeli biji cabe di toko pertanian atau bisa memetik sendiri dari pohon. Untuk cabe yang dipetik dari pohon, potong lebih dahulu jadi tiga bagian. Ambil bagian tengah saja dan ambil biji cabe tersebut.
  2. Siapkan gelas dan isi dengan air hangat, tetapi jangan terlalu panas. Isi air sampai 2/3 gelas saja.
  3. Haluskan 1 siung bawang merah dan masukkan dengan air hangat tadi.
  4. Masukan biji cabe yang sudah Anda siapkan.
  5. Rendam biji cabe selama satu malam agar Anda memperoleh biji cabe yang bagus. Biji cabe yang bagus adalah biji yang tenggelam di dasar wadah.
  6. Ambil biji cabe yang tenggelam dan tunggu sampai sedikit kering.

Cara menanam cabe hidroponik dengan benar adalah mempersiapkan bahan-bahan sebagai berikut:

  1. Biji cabe yang sudah disemaikan.
  2. Wadah untuk media tanam
    Wadah ini bisa berupa ember bekas, polybag, kaleng bekas, atau pot bunga. Wadah ini digunakan sebagai penampung media tanam.
  3. Sabut kelapa
    Anda harus menyiapkan sabut kelapa yang sudah dikeringkan lebih dulu. Potong sabut kelapa tersebut sampai berukuran kurang lebih ½ cm. Sabut kelapa ini digunakan untuk menyimpan unsur hara dan air yang diperlukan oleh tanaman cabe.
  4. Serbuk gergaji
    Anda juga bisa menggunakan sekam selain serbuk gergaji. Serbuk gergaji ini memiliki fungsi yang sama dengan sabut kelapa. Fungsinya hanya untuk membuat media tanam lebih beragam.
  5. Kerikil
    Pada cara menanam cabe hidroponik, kerikil digunakan sebagai tempat akar cabe merekat dan agar tanaman cabe lebih kuat. Anda juga bisa menggunakan pasir. Tetapi, sebaiknya Anda menggunakan kerikil yang bisa memberikan ruang untuk akar agar bisa bergerak mencari makanan di dalam pot.

Setelah Anda selesai menyiapkan semua bahan, Anda bisa mulai mengikuti cara menanam cabe hidroponik sebagai berikut:

  1. Isilah bagian dasar wadah menggunakan sabut kelapa lebih dulu.
  2. Isi wadah dengan campuran dari sabut kelapa, sebuk gergaji, dan kerikil. Perbandingan ketiga bahan tersebut adalah 1:1:1. Campur sampai rata.
  3. Isi wadah dengan sabut kelapa lagi.
  4. Masukan kerikil saja di lapisan paling atas. Ini berguna untuk mengurangi penguapan yang terjadi pada tanaman hidroponik.
  5. Diamkan wadah tersebut selama sehari semalam di tempat yang teduh. Sebaiknya letakkan wadah tersebut di bawah pohon atau di samping pagar hidup.
  6. Siram media tanam tersebut dengan pupuk dasar yang sudah dicampur air. Pupuk dasar yang digunakan adalah air pupuk kompos yang sudah mengalami fermentasi. Masukan jari Anda ke media tanam untuk memeriksa apakah media sudah cukup basah. Jika jari Anda basah tetapi tidak meneteskan air, maka media tanam sudah cukup basah.
  7. Diamkan pot selama 3 jam. Setelah itu, masukkan bibit cabe ke dalam pot tersebut.

Itulah pembahasan dari tanamania.com tentang cara menanam cabe hidroponik mudah dan sederhana. Di hari selanjutnya, Anda cukup mengatur pupuk dan kadar air di dalam pot. Jangan lupa untuk merawat tanaman cabe Anda dari hama. Jika anda sudah bisa menanam cabe hidroponik, tidak ada salahnya juga mempelajari cara menanam sawi hidroponik yang mudah dan sederhana. Bisa anda praktekkan sendiri di rumah.