Tanamania

Cara Menanam Bawang Merah Di Dalam Polybag

Cara Menanam Bawang Merah – Bawang merah merupakan tanaman yang sangat diperlukan oleh banyak masyarakat di Indonesia terutama umbinya. Bawang merah memiliki fungsi yang sangat penting sebagai salah satu bumbu pokok bagi setiap masyarakat. Ketidak stabilan dari harga bawang merah terkadang membuat masyarakat merasa keeratan untuk membeli bawang merah dipasaran, salah satu solusi yang bisa anda lakukan untuk menanggulangi masalaah tersebut adalah dengan menanam bawang merah untuk digunakan sendiri atau untuk bisnis. cara menanam bawang merah dalam polybag cukuplah mudah. Anda bisa memanfaatkan pekarangan rumah anda untuk menanam bawang merah.

Cara menanam bawang merah dalam polybag sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara menanam bawang merah pada umumnya. Anda bisa menggunakan polibag sehingga anda tidak memerlukan lahan yang terlalu luas. Anda bisa menjadikan lokasi kosong disekitar rumah anda sebagai tempat bercocok tanam yang menarik dan juga efisien. Menanam bawang merah dalam polybag justru bisa dikatakan lebih mudah dan praktis. Anda bisa mencoba untuk membudidayakan bawang merah sendiri sehingga anda bisa memetik hasilnya dengan mudah meskipun bawang murah harganya sangat tinggi dipasaran. Atau jika anda mau coba yang lain, anda bisa baca juga cara menanam cabe. Jika anda berhasil menanam bawang merah di dalam polibag maka anda juga bisa mengembangkannya sehingga anda bisa menghasilkan bawang merah dengan jumlah yang lebih banyak.

Cara Menanam Bawang Merah

Cara Menanam Bawang Merah di Polybag

  1. Mempersiapkan Media Tanam

Hal pertama yang perlu anda persiapkan adalah dengan menyiapkan media tanam. Media tanam adalah hal yang paling pokok yang akan mempengaruhi pertumbuhan dari tanaman bawang merah. Anda bisa mencampurkan tanah, arang, pupuk kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Setelah campuran selesai maka anda bisa mencampurnya dengan mengunakan pupuk SP-36 dengan takaran 3gr perpolibag. Jangan lupa anda juga perlu untuk menambahkan furadan sejumlah satu sendok ukuran kecil. Cara menanam bawang merah dalam polybag ini terbilang mudah di tahap pertama. Anda harus mencampurnya dengan campuran yang pas entah dengan menggunakan gayung atau dengan menggunakan ember.

Setelah semuanya selesai maka anda bisa menambahkan air dan kemudian mendiamkan tanah selama 2 hari dan setelah itu anda bisa memasukkan campuran tanah kedalam polibag dan kemudian anda bisa menatanya dengan baik di pekarangan rumah anda. Pemilihan polibag adalah hal yang sangat penting, anda bisa memilih dengan ukuran 30cm x 40cm. Ukuran polibag ini akan memberikan ruang yang pas untuk tumbuhan anda tumbuh dengan baik. Lahan yang bisa anda siapkan bisa berada di sekitar pekarangan rumah namun anda harus memperhatikan keadaan lingkungan disekitar rumah anda. Cara menanam bawang merah dalam polybag ini sangat efektif dan juga sangat praktis.

  1. Penanaman

Penanaman bawang merah dalam polybag bisa anda lakukan ketika anda sudah mempersiapkan media tanam dengan baik. Setelah anda mengisi polybag dengan menggunakan tanah yang sudah tercampur dengan bahan yang lainnya maka anda bisa memulai untuk menanam umbi pada polybag yang ada. Anda bisa menanam 3 umbi bawang merah pada polybag. Umbi yang digunakan adalah bibi bawang merah yang sudah tumbuh tunas daun sehingga bisa tumbuh dengan baik. Anda bisa menata polybag yang sudah ditanami umbi dengan jarak yang pas yakni sekitar 15cm antara yang satu dengan yang lain. Hal ini agar umbi bisa tumbuh dengan baik dan memiliki ruang yang pas. Cara menanam bawang merah dalam polybag ini sangat penting untuk anda perhatikan.

  1. Pemupukan tanaman

Setelah semua tertata dengan baik maka anda bisa melakukan pemupukan susulan. Anda bisa menambahkan pupuk NPK pada setiap polibag dengan takaran 1 gr/polybag. Pemupukan ini sebaiknya dilakukan setiap minggunya hingga pada usia 6 minggu. Pemupukan bisa dilakukan dengan menggunakan pupuk cair atau juga pupuk butir. Pupuk cair bisa digunakan dengan menyemprot tanaman setiap 15 hari setelah penanaman dan 30 hari setelah penanaman. Jika anda ingin menggunakan pupuk berbentuk pasir maka anda bisa membenamkan pupuk pada tanah atau media untuk menanam cabai. Takaran pemberian pupuk harus pas agar tanaman tidak rusak atau mati karena terlalu banyak pupuk. Cara menanam bawang merah dalam polybag ini juga sangat perlu untuk anda ketahui karena sangat penting untuk pertumbuhan tanaman.

  1. Pemeliharaan tanaman

Tanaman akan tumbuh dengan baik apabila anda meletakkan polybag pada daerah atau lokasi yang terpapar sinar matahari sepanjang hari. Cahaya yang cukup akan membuat tanaman mendapatkan pasokan cahaya untuk bisa tumbuh optimal. Penyiraman juga menjadi hal yang sangat penting. Penyiraman bisa dilakukan sehari sebanyak 2 kali dipagi dan sore hari. penyiraman bisa tergantung dengan keadaan cuaca. Jika cuaca panas di musim kemarau maka anda sebaiknya melakukan penyiraman 2 kali sehari namun jika musim hujan maka anda sebaiknya tidak perlu dilakukan penyiraman atau jika diperlukan anda bisa menyiramnya sehari satu kali saja. Ketika melakukan penyiraman maka anda harus memastikan agar air tidak terlalu banyak atau menggenang karena bisa merusak tanaman. Cara menanam bawang merah di dalam polybag yang selanjutnya adalah penggunaan pestisida apabila ada hama yang menyerang pada tanaman anda.

  1. Pemanenan bawang merah

Setelah semua cara menanam bawang merah dalam polybag dilakukan maka anda tinggal memanen hasil yang sudah ada. Apabila umbi sudah banyak tumbuh maka bawang merah siap untuk di panen. Usia tanaman yang layak panen adalah sekitar 100 hari. Ciri-ciri tanaman yang sudah bisa dipanen adalah batang daun yang kuning, roboh dan juga rapuh. Anda bisa memetik dan kemudian menyiapkan kembali tips menanam bawang merah dalam polybag seperti semula untuk melakukan penanaman kembali. Bawang merah yang sudah dipanen jangan lupa untuk dijemur di bawah sinar matahari untuk mematikan jamur atau juga mengurangi kadar air agar bawang merah tidak lekas busuk.

Itulah pembahasan tanamania.com terkait langkah mudah cara menanam bawang merah di dalam polybag yang bisa anda terapkan sendiri di rumah. Anda bisa melakukan penanaman ini di daerah sekitar rumah anda sehingga pekarangan lebih produktif.

Tags: