Cara Membuat Tanaman Hidroponik Mudah dan Sederhana

Cara Membuat Tanaman Hidroponik – Belakangan ini menanam tanaman seperti buah dan sayuran menggunakan cara hidroponik sudah banyak diminati, terutama untuk ibu-ibu rumah tangga yang senang bercocok tanam. Karena dengan menggunakan cara hidroponik ini tidak membutuhkan lahan dan tanah sehingga memudahkan untuk anda yang tinggal di komplek perumahan atau perkotaan.

Bercocok tanam dengan cara membuat hidroponik ini sebenarnya tidaklah sulit. Cara hidroponik ini adalah cara menanam tanaman tanpa menggunakan media tanah tetapi hanya menggunakan air. Tanaman yang bisa menggunakan cara hidroponik ini antara lain adalah sawi, tomat, caisim, salada, paprika dan masih banyak lainnya.

Cara Membuat Tanaman Hidroponik Mudah dan Sederhana

Hasil dari menanam menggunakan cara hidroponik ini bisa lebih memuaskan asal dengan perawatan dan nutrisi yang sesuai. Berikut ini adalah beberapa langkah atau cara membuat tanaman hidroponik yang bisa anda coba. Untuk contoh yang akan dibahas adalah menanam sawi menggunakan cara hidroponik, yaitu :

  • Hal pertama yang harus anda persiapkan adalah benih sawi. Nah untuk jenis sawi yang akan anda tanam bisa disesuaikan dengan selera, karena sawi ini terbilang mudah tumbuh dengan cara hidroponik.
  • Siapkan air bersih.
  • Siapkan medianya, bisa dengan botol air mineral.
  • Rockwool.
  • Sabut kelapa dan arang sekam.
  • Jangan lupa siapkan nutrisi hidroponiknya.
  • Sumbu dari kompor, kain flaner, kain bekas atau kapas.

Tahap yang harus dilakukan untuk membuat tanaman hidroponik adalah penyemaian atau pembibitan, lalu pembuatan medianya, setelah itu penanaman barulah perawatan. Dan berikut ini adalah langkah-langkah atau cara membuat tanaman hidroponik sawi yang bisa langsung anda praktekkan :

  1. Penyemaian atau pembibitan

Langkah atau Cara membuat tanaman hidroponik yang pertama adalah benih harus disemai, supaya bisa diambil bibit sawi yang terbaik yang tidak cacat untuk di tanam. Penyemaian atau pembibitan dianjurkan dengan media rockwool yang sudah anda siapkan sebelumnya.  Karena dengan menggunakan media rockwool ini terbebas dari penyakit dan hama juga bisa menyerap air dengan lebih baik. Adapun caranya adalah :

  • Pertama potong menjadi beberapa kemudian semailah 1 sampai 2 biji benih sawi pada satu potong rockwool.
  • Kemudian yang kedua adalah basahi menggunakan air bersih.
  • Setelah dibasahi air bersih, letakkan bibit pada nampan dan kemudian disimpan di tempat yang gelap.
  • Tunggu bibit tersebut hingga berkecambah.
  • Pindahkan ke tempat yang terang, namun jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung.
  • Lalu semprot setiap pagi dan sore menggunakan air rockwoolnya.
  • Setelah ditunggu atau berumur 2 minggu dan sudah tumbuh daun itu tandanya siap untuk dipindahkan ke media tanaman.
  1. Pembuatan media tanam

Cara membuat tanaman hidroponik yang kedua adalah membuat media tanamnya. Potong botol bekas yang sudah anda siapkan sebelumnya menjadi 2 bagian, bawah dan atas. Namun bagian atas dilubangi pada bagian tutupnya agar sumbu tidak lepas. Setelah sumbu sudah terpasang isikan atau letakkan arang sekam dan sabut kelapa di bagian atas botol. Bagian bawahnya isi dengan nutrisi hidroponik yang cair 2/3. Kemudian pasangkan botol bawah dan bagian atas dengan cara posisi tutup botolnya menghadap ke bagian bawah

  1. Penanaman

Setelah media tanam dan bibit sawi sudah siap pindahkan dari tempat penyemaian. Lubangi media tanam 1-2 cm kemudian tanam benih

  1. Perawatan

Perawatan merupakan cara membuat tanaman hidroponik yang paling penting. Sawi tersebut akan tumbuh baik jika dirawat dengan baik pula. Anda bisa merawatnya dengan memberikan pupuk atau nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman.

Bagaimana? Sudah bisakan mengaplikasikan cara membuat tanaman hidroponik dengan mudah dan sederhana. Anda juga bisa membaca cara menanam tanaman hidroponik yang bisa anda aplikasikan untuk semua jenis tanaman hidroponik. Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan.