Cara Membuat Cocopeat Sederhana Sebagai Media Tanam

Cara Membuat Cocopeat – Media menanam tidak harus menggunakan tanah sekarang ini karena ada salah satu media tanam yang populer yaitu menggunakan cocopeat. Media tanam menggunakan cocopeat memang sudah dikenal lama dan bagi masyarakat Indonesia sendiri sudah lama juga membudidayakannya. Cara membuat cocopeat memang terbilang sederhana dan mudah dibandingkan dengan membuat rockwool. Jika rockwool menggunakan bahan dari bebatuan, keramik serta kaca, cocopeat hanya menggunakan sabut kelapa.

cara membuat cocopeat

Cara Membuat Cocopeat

Para petani modern saat ini banyak menggunakan media tanam hidroponik dengan rockwool maupun cocopeat. Media tanam hidroponik saat ini marak digunakan karena sudah terbukti yang ramah lingkungan dan juga hemat. Selain rockwool, cocopeat sekarang juga banyak dibudidayakan. Cara membuat cocopeat juga lebih mudah dibandingkan dengan membuat rockwool sehingga penggunaan cocopeat banyak sekali peminatnya. Untuk membuat cocopeat bahan yang digunakan pun juga sangat mudah ditemukan. Bahan utama membuat cocopeat adalah sabut kelapa.

Anda tahu jika Indonesia adalah salah satu negara tropis dan banyak ditumbuhi pohon kelapa. Membuat cocopeat memang terbilang sangat mudah karena hanya menggunakan sabut kelapa saja sebagai bahan utamanya. Tentu di Indonesia sangat mudah sekali untuk mendapatkan sabut kelapa dibandingkan di luar negeri yang beriklim subtropis. Maka dari itu Anda wajib mencoba membuat cocopeat sendiri di rumah. Lalu bagaimana cara membuat cocopeat sederhana dan bahan apa saja yang diperlukan? Bahan-bahan untuk membuat cocopeat adalah sebagai berikut:

  1. Sabut kelapa
  2. Mesin pengepres ( bisa dipres dengan alat sederhana di rumah jadi tidak harus memakai mesin )
  3. Mesin pengayak ( bisa diayak secara manual dengan alat sederhana yang ada di rumah )

Sebelum diolah menjadi cocopeat, sabut kelapa tersebut harus digiling terlebih dahulu supaya bisa menjadi serbuk. Jika tidak, Anda akan kesulitan dalam membuat cocopeat dengan sabut kelapa yang masih utuh. Berikut ini adalah langkah-langkah atau cara membuat cocopeat:

  1. Sabut kelapa yang sudah digiling dan menjadi serbuk pertama harus dikeringkan terlebih dahulu. Anda bisa menjemurnya di terik matahari maksimal satu hari untuk mengeringkan serbuk sabut kelapa tersebut. Hal ini dimaksudkan supaya kadar air yang ada di dalam serbuk sabut kelapa berkurang. Anda bisa menimbangnya terlebih dahulu untuk menakar kadar air yang ada di dalamnya.
  2. Setelah serbuk sabut kelapa itu kering langkah selanjutnya adalah mengayaknya. Jika Anda tidak mempunyai mesin pengayak Anda bisa mengayaknya secara manual di rumah. Ayakan serbuk sabut kelapa tadi disebut dust. Ayakan serbuk sabut kelapa atau dust tersebut mempunyai tekstur yang sangat halus dan inilah yang akan digunakan sebagai cocopeat.
  3. Setelah selesai diayak dan sudah mendapatkan dust, maka langkah selanjutnya adalah mengepresnya. Jika Anda tidak mempunyai mesin pengepres di rumah, Anda bisa menggunakan cetakan untuk mengepresnya secara manual.
  4. Setelah berubah menjadi blok, cocopeat sudah siap untuk dipakai.

Namun, penggunaan cocopeat harus diimbangi dengan pemberian nutrisi pada tanaman karena cocopeat tidak mengandung nutrisi seperti pada rockwool (Baca juga: cara membuat rockwool). Jika menggunakan rockwool Anda sudah tidak perlu menambahkan pupuk lagi maka dengan menggunakan cocopeat Anda masih butuh menambahkan pupuk tetapi dalam kadar yang ringan. Untuk menanam tanaman sayuran tentu Anda harus merawatnya dengan extra jika menggunakan media tanam cocopeat. Tanaman yang baik menggunakan cocopeat biasanya adalah tanaman hias. Jika Anda tertarik terhadap artikel tanamania.com ini menggunakan media tanam cocopeat ikutilah langkah dan cara membuat cocopeat yang benar.