Tanamania

Cara Membuat Arang Sekam Bakar Praktis dan Sederhana

Cara Membuat Arang Sekam Bakar – Arang sekam banyak dimanfaatkan oleh para petani sebagai media penggembur tanah, media tanam, media persemaian dan bahan pupuk kompos. Arang sekam dibuat dengan cara proses pembakaran tak sempurna (parsial) dari sekam padi. Bahan yang digunakan dalam pembuatan arang sekam bisa anda dapatkan dengan mudah apabila anda berada di daerah dekat tempat penggilingan padi.

Arang sekam berfungsi untuk memperbaiki struktur fisik, kimia dan biologi di dalam tanah. Arang sekam mampu meningkatkan porositas tanah sehingga tanah menjadi gembur dan mampu menyerap nutrisi dengan baik. Tanah yang gembur menjadi media tumbuh organisme hidup yang berguna bagi tanaman seperti cacing tanah, serta tidak membawa microorganisme patogen karena relatif steril akibat proses pembakaran.

cara membuat arang sekam bakar

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa arang sekam bakar mampu berperan sebagai absorban, yang berfungsi menekan jumlah mikroba patogen dan logam berbahaya dalam kompos, sehingga menghasilkan tanah yang bebas dari penyakit dan zat kimia berbahaya. Sifatnya yang ringat dan mudah dibersihkan dari sampah membuat arang sekam banyak digunakan oleh masyarakat perkotaan sebagai media tanam tanaman hias. Berikut ini cara membuat arang sekam bakar praktis dan sederhana.

Cara Membuat Arang Sekam Bakar

Alat dan Bahan-bahan:

  • sekam padi
  • pipa pembakaran
  • koran bekas / kardus bekas
  • korek api
  • oli bekas
  • alat siraman air
  • air
  • sekop
  • karung

Cara membuat alat pembakaran sekam:

  1. Siapkan plat seng berukuran 100 x 55 x 2 cm. Lebih tebal tak apa-apa yang penting tahan panas.
  2. Plat seng dibulatkan sehingga membentuk silinder bolong sepanjang 1 m dengan diameter 17 cm.
  3. Lubangi semua bagian sisi pipa untuk menjadi ventilasi udara api sehingga tidak mudah padam dan bisa membakar tumpukan sekam dari bagian dalam tepat di tengah-tengah.
  4. Buat lubang dengan jarak masing-masing 3 cm dengan paku hingga membentuk lubang 5 mm.
  5. Proses pelubangan ini dilakukan sebelum seng dibentuk menjadi silinder.
  6. Bagian yang tajam pada lubang harus mengarah keluar.
  7. Rekatkan kedua ujung seng dengan memberi pengunci menyerupai staples (kawat dililit) sehingga membentuk pipa silinder yang stabil dan dapat ditegakkan.

Cara membuat arang sekam bakar:

  1. Letakkan alat pembakar jauh dari perumahan karena proses pembakaran menghasilkan asap yang tebal.
  2. Alas alat pembakar dengan lantai keras yang tahan panas.
  3. Buat tumpukan sekam mengelilingi alat pembakar tadi sehingga pipa berdiri tegak dan berada di tengah-tengah tumpukan sekam.
  4. Masukkan koran / kardus bekas ke dalam alat pembakar.
  5. Tuang sedikit oli bekas untuk memudahkan pembakaran.
  6. Hidupkan api dan tunggu 20-30 menit hingga puncak tumpukan sekam mulai menghitam.
  7. Naikkan sekam yang masih berwarna coklat di pinggir-pinggirnya menggunakan sekop.
  8. Lakukan secara berulang sampai semua sekam padi menghitam sempurna.
  9. Setelah semua sekam sudah hitam, siram dengan air hingga rata. Ini untuk menghentikan pembakaran agar sekam tak menjadi debu.
  10. Jemur hingga arang sekam kering.

Itulah cara membuat arang sekam bakar praktis dan sederhana yang bisa anda coba sendiri di rumah. Anda bisa menggunakan arang sekam untuk media tanam tanaman hias dan obat di pekarangan rumah anda. Baca juga cara membuat cocopeat sebagai media tanam. Jika anda tak ingin membuat arang sekam bakar sendiri, anda bisa membeli di pasar dengan kisaran harga Rp 1.000 / kg. Memang terlihat murah kalau anda hanya perlu 10 kg, kalau 1000 kg pasti lumayan juga untuk membelinya. Selamat mencoba.

Tags: