Tanamania

Cara Menanam dan Merawat Bunga Dahlia

Bunga Dahlia merupakan salah satu bunga yang paling umum ditanam oleh para ibu rumah tangga yang gemar berkebun. Maka tak heran jika bunga ini menjadi salah satu bunga favorit. Selain karena keindahannya, menanam dan merawat bunga dahlia juga tidak terlalu sulit. Terlebih bunga ini adalah salah satu jenis bunga yang sangat adaptif yang bisa dengan segera menyesuaikan dengan lingkungannya dimana ia hidup. Jika anda mulai tertarik untuk menanam tanaman hias, berikut adalah tutorial cara menanam dan merawat bunga dahlia yang bisa dijadikan sebagai panduan.

Bunga Dahlia

Cara Menanam Bunga Dahlia

  1. Panduan dasar

Dalam hal penanaman, bunga ini tidak begitu merepotkan. Kunci utama untuk budidaya bunga dahlia adalah pengairan dan sinar matahari yang cukup untuk kebutuhan pertumbuhan tanaman ini. Cara menanam bunga dahlia cukup mudah dilakukan karena juga bibitnya yang sangat mudah didapatkan. Hampir semua penjual bunga mempunyai stok bunga yang bisa anda jadikan bibit. Saat-saat yang paling ditunggu adalah ketika sudah mulai berbunga terlebih jika anda mengembangkannya dengan persilangan karena bunga yang dihasilkan akan lebih indah. Dahlia akan mulai berbunga saat memasuki usai dua bulan. Bagi anda yang melakukan penyilangan, anda mungkin akan mendapatkan jenis bunga dahlia baru yang tidak bisa didapat dengan membelinya di toko bunga manapun.

Gambar Bunga Dahlia

  1. Persiapan media tanam

Untuk mengaplikasikan cara menanam bunga dahlia, sudah pasti anda akan membutuhkan media tanam. Bagi anda yang mempunyai cukup lahan, anda bisa menanam di halaman rumah atau di kebun. Namun, bagi anda yang tidak mempunyai cukup lahan, anda bisa membudidayakan bunga dahlia dengan menggunakan pot atau polybag yang juga tersedia di toko bunga dengan harga yang relatif terjangkau. Jika anda menggunakan polybag atau pot bunga, pastikan bahwa anda menempatkannya di tempat dimana tanaman bisa mendapatkan suplai sinar matahari yang cukup agar menghasilkan bunga yang sempurna ketika mekar.

Cara Menanam Bunga Dahlia

Meskipun bunga dahlia adalah salah satu bunga yang cukup suka dengan sinar matahari, cukup berbeda dengan bunganya yang bisa saja pudar warnanya jika terlalu terkena sinar matahari secara langsung. Dalam hal mobilitas, memang lebih bagus dengan menggunakan polybag atau pot sebagai media tanamnya. Hal ini juga untuk memaksimalkan pertumbuhan dan pembiakan bunga. Untuk media tanam, anda harus menyiapkan pasir halus, kompos, tanah, dan juga pupuk kandang. Untuk komposisi perbandingannya bisa menyesuaikan dengan jenis bunga dahlia yang akan ditanam dan juga kondisi pengairan. Sebaiknya anda menyiapkan media tanam tersebut seminggu sebelum ditanami.

Foto Bunga Dahlia

  1. Menyiapkan bibit

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bibit bunga dahlia sangat mudah untuk didapatkan. Anda bisa mendapatkan bibit yang berasal dari umbi akarnya, biji, bagian batang, yang dapat disemaikan menjadi benih. Namun, jika anda tidak ingin cara yang ribet, anda bisa mendapatkan bibit dari toko bunga yang notabene lebih mudah dan juga cepat tumbuh. Bagi anda yang menyukai berkesperimen, anda bisa mendapatkan bibit dengan cara yang sudah disebutkan sebelumnya. Sebelum mengaplikasikan cara menanam bunga dahlia, pilihlah jenis bunga yang ingin anda tanam seperti coccine, Arabian night, Adelaide, dan jenis yang lainnya. Umumnya, bunga ini mempunyai kelopak dan warna yang indah. (Baca juga: cara menanam bunga adenium). Saat ini, lebih banyak varian yang tersedia yang didapatkan dari hasil persilangan beberapa jenis.

Cara Merawat Bunga Dahlia

  1. Proses penanaman

Untuk menjaga agar tumbuh maksimal, anda bisa menggunakan pupuk kimia. Namun, penggunaan pupuk kimia dalam cara menanam harus disesuaikan dengan fase pertumbuhan. Saat bunga mulai mekar, anda bisa memaksimalkannya dengan memangkas daun serta ranting yang tidak utama. Metode ini merupakan cara sederhana menanam bunga dahlia untuk mendapatkan mekar bunga yang sempurna daripada harus menggunakan pupuk kimia. Selain untuk mendapatkan mekar yang sempurna, metode tersebut juga bisa menstimulasi pertumbuhan. Dengan menggunakan pupuk kimia, tanaman akan berbunga banyak serta rimbun, namun hal ini menyebabkan tanaman bergantung terhadap pemupukan yang intensif.

Bunga Dahlia Merah

Cara Merawat Bunga Dahlia

Pemilihan perawatan yang sesuai dengan pertumbuhan tanaman bunga dahlia dapat menjadi salah satu metode yang hemat dan efektif untuk cara merawat bunga dahlia. Jika pertumbuhan tanaman sudah maksimal, pemupukan hanya dijadikan sebagai cadangan saja. Dengan kata lain, metode utama untuk pertumbuhan bunga bisa dilakukan dengan acara alami yaitu pemangkasan dan juga pemilihan ranting atau dahan utama sebagai tempat dimana bunga akan tumbuh. Selain itu, anda juga harus menjaga bunga dari serangan hama seperti siput atau ulat.

Bunga Dahlia Putih

Hal lain yang harus anda ketahui sebagai cara merawat bunga dahlia adalah bahwa tanaman tidak terlalu membutuhkan air sehingga anda tidak perlu menyiramnya terlalu banyak. Hal ini karena penyiraman yang berlebih dapat berakibat pada busuknya umbi. Namun ketika cuaca panas, tanaman akan membutuhkan lebih banyak air. Agar mendapatkan tanaman yang lebat, kuat dan banyak berbunga, sebaiknya anda membuang bakal bunga yang baru muncul saat ketinggian tanaman baru setinggi kaki. Sehingga, saat tanaman semakin tinggi, akan semakin banyak bunga yang dihasilkan.

Budidaya Bunga Dahlia

Itulah pembahasan tanamania.com terkait cara menanam dan merawat bunga dahlia. Cukup sederhana dan mudah untuk di praktekkan karena sifatnya yang adaptif yaitu tanaman yang cepat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Semoga anda bisa mendapatkan bunga yang seperti anda inginkan.

Tags: